Kopling selip? Ini penyebab dan solusinya - Berita Teknologi Hari Ini

Memberikan Berita Terupdate tentang Teknologi Masa kini

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 06 Januari 2017

Kopling selip? Ini penyebab dan solusinya


Saat anda menyetir mobil,  ada beberapa masalah yang sering dialami pengemudi. Salah satunya adalah saat menyetir mobil, persneling susah untuk berpindah gigi. Di beberapa kasus saat menggerakkan tuas persneling, mobil akan berbunyi meskipun pedal kopling sudah diinjak. Inilah yang dinamakan dengan kopling selip.

Nah, kira –kira apa ya yang menyebabkan mobil kopling selip?

Kopling selip pada mobil anda  biasanya terjadi jika mobil anda sudah digunakan selama tujuh tahun dan sering digunakan. 
Salah satu gejala kopling selip adalah seperti yang dibahas di awal yaitu, perpindahan gigi yang tidak mendapat respon, dan timbul bunyi saat memindahkan gigi.

Namun masih ada banyak gejala-gejala lain yang dapat menunjukkan bahwa kopling sebuah mobil sedang mengalami selip. Untuk mengetahui kendaraan mengalami selip kopling, anda dapat melakukan hal- hal berikut. 

Yang pertama yang perlu anda perhatikan adalah apakah Anda cukup sering memindahkan transmisi ke gigi rendah saat melewati jalur menanjak. 
anda juga dapat mendiagnosis kopling selip ini pada jalan-jalan menanjak yang cukup sepi. Lakukan di jalur menanjak sepi , agar tidak menimbulkan ketidak nyamanan seperti kemacetan bagi pengendara lain.

Yang kedua anda dapat mendengar bunyi mesin yang agak aneh saat menyalakan mesin atau melakukan akselerasi. Jika anda mendengar bunyi  seperti bunyi benda yang sedang berputar cukup keras, kemungkinan kopling mobil anda selip.

Yang ketiga, cari tahu apakah pedal kopling mulai mengendur, apalagi saat pedal kopling sudah tidak bisa disetel atau disesuaikan ulang. Lalu cari tahu juga apakah pedal sudah mulai mengeras sehingga butuh tenaga lebih untuk menginjaknya.

Solusinya adalah dengan menyetel ulang pedal kopling tersebut. Lakukan jika anda sudah merasakan kekenduran pijakan sejauh 1,5 inci. 
Penyetelan ulang pedal kopling lebih murah dan lebih cepat. Sedangkan penggunaan kopling baru lebih terjamin.  Namun semuanya tergantung pilihan anda.

Anda dapat melakukan cara berikut untuk menentukannya. Aktifkan rem tangan, nyalakan mesin, dan pijak pedal kopling dan atur transmisi ke gigi 4. Lalu perlahan, lepaskanlah pijakan pedal kopling namun tetap pijak pedal gas. Jika dengan cara ini mobil tidak bergerak sama sekali, artinya pedal kopling saatnya diganti.


Semoga tips tadi dapat anda praktekkan pada mobil anda dirumah sehingga masalah seperti selip kopling yang terjadi pada mobil kesayangan anda dapat anda atasi.

Sumber : merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here