Apa Sih Teknologi Traction Control System (TCS) Pada All New Fortuner? - Berita Teknologi Hari Ini

Memberikan Berita Terupdate tentang Teknologi Masa kini

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 10 Maret 2017

Apa Sih Teknologi Traction Control System (TCS) Pada All New Fortuner?

Sumber Gambar : http://brainonboard.ca/


Toyota All New Fortuner telah hadir di Indonesia dengan banyak perubahan dari segi eksterior dan interior. Sedangkan dari segi teknologi, Toyota telah menyematkan berbagai fitur canggih untuk menunjang keamanan selama berkendara.

Salah satunya adalah fitur Traction Control (TCS) yang kini banyak dipakai oleh mobil modern kelas premium termasuk Toyota All New FortunerTraction Control (TCS) ini berfungsi untuk mencegah slip roda pada saat akselerasi.

Mobil yang Anda kendarai biasanya mengalami slip ketika melintasi jalan yang licin seperti salju ataupun genangan air. Pada kondisi ini, roda tidak menerima gaya gesekan yang cukup untuk menggerakkan mobil Anda.

Adanya Traction Control dan Antilock Braking System (ABS) pada mobil akan bekerja sama. ABS akan mencoba mencegah slip saat pengereman dan TCS akan mencegah slip ketika akselerasi.

TCS sendiri biasanya menggunakan sensor kecepatan di roda untuk mendeteksi kecepatan kendaraan dan mendeteksi adanya slip antara roda dan jalan. Bila terdeteksi adanya slip maka TCS akan memastikan hanya sedikit torka yang tersalur ke roda yang slip.

Dengan memperkecil torka, diharapkan gaya gesek antara ban dan mobil akan kembali ada dan membuat mobil kembali bergerak. Input utama dari TSC ini adalah sensor kecepatan pada ban dan sensor inilah yang secara kontinyu akan memonitor kecepatan dari setiap roda. Kemudian, sensor akan mengirimkan data tersebut ke ABS dan TCS di ECU (Electrical Control Unit).

Bila terdeteksi adanya slip, maka TCS akan mengatur rem hidrolik yang ada di ban yang mengalami slip tadi. Proses ini kemudian memperlambat kecepatan roda yang slip sehingga gaya gesek akan muncul kembali. Pada saat bersamaan, torka akan dipindahkan ke roda yang berlawanan.

Tentu diberikannya teknologi ini untuk semakin meningkatkan keamanan dan kenyamanan Anda dalam mengendarai Toyota. Semoga bermanfaat.



Sumber: http://ieeesb.ft.ugm.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here