Mengenal Teknologi Electronic Power Steering (EPS) Pada Mobil Toyota - Berita Teknologi Hari Ini

Memberikan Berita Terupdate tentang Teknologi Masa kini

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 16 Desember 2016

Mengenal Teknologi Electronic Power Steering (EPS) Pada Mobil Toyota

Sumber Gambar : http://2.bp.blogspot.com/

Kemajuan di bidang teknologi juga telah membuat perkembangan yang besar di bidang otomotif, hal ini pun terbukti dengan semakin meningkatnya performa mobil-mobil modern yang diciptakan Toyota.

Namun banyak pengguna kendaraan yang belum mengenal dengan baik fungsi dan cara kerja beberapa teknologi yang tersemat di dalam kendaraan mereka.

Alasannya simpel, beberapa teknologi tersebut memang tidak mudah terlihat dan tak terasa secara signifikan. Contohnya saja adalah teknologi Electronic Power Steering (EPS) dan Hydraulic Power Steering.

Kedua teknologi ini bahkan banyak dianggap sebagai teknologi yang sama saja, padahal keduanya memiliki fungsi serta cara kerja yang berbeda. Sesuai namanya, EPS atau Electronic Power Steering ini menggunakan motor elektrik yang langsung terpasang pada sistem kemudi.

Fungsinya adalah untuk meringankan putaran mesin dan membuat Anda semakin mudah mengendalikan kendaraan. Sedangkan sistem power steering biasanya bekerja berdasarkan hidrolik dari pompa yang digerakkan oleh mesin. Untuk itulah, mesinkendaraan harus bekerja ekstra keras dalam menggerakkan kemudi.

EPS sendiri bekerja tanpa membebani kerja mesin, hal ini karena pada EPS pompa hidrolik telah diganti dengan sistem elektrik. Karena itulah, mobil dengan fitur EPS di dalamnya akan lebih efisien dalam menggunakan bahan bakar bahkan hingga 5%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here