Ternyata Suhu Ekstrim Bisa Rusak Aki Mobil - Berita Teknologi Hari Ini

Memberikan Berita Terupdate tentang Teknologi Masa kini

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 13 Januari 2017

Ternyata Suhu Ekstrim Bisa Rusak Aki Mobil


Bebagai komponen kendaraan yang rumit memang dirancang agar kendaraan bisa  bekerja secara maksimal, aki pun juga menjadi penyumbang  terbesar dalam beberapa mekanisme penting agar mobil mampu berkerja.

Apabila terjadi kesalahan atau kerusakan pada aki mobil, maka anda  tidak dapat melakukan starter, sistem pencahayaan menjadi minimal, dan perangkat atau pun komponen-komponen yang operasinya berdasarkan energi listrik menjadi tidak berfungsi.

Aki telah mensuplai tenaga listrik sehingga  Anda dapat  mengoperasikan berbagai fasilitias  kendaraan seperti mendengar musik via audio car, menonton dvd, dan menikmati sejuknya aliran udara dari Air Conditioner, sampai dengan warning pada safety and security system.

Ternyata, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar aki tak malfungsi, salah satunya adalah suhu ekstrim.Suhu ekstrim bisa mempengaruhi kinerja aki Tenaga listrik yang dihasilkan berasal dari sel-sel battery melalui reaksi kimiawi. Faktor lingkungan sekitar kendaraan, khususnya suhu di dekat aki sangat mempengaruhi kinerja selama proses transformasi energi.

Beruntung di Indonesia cuma mengenal dua musim, panas dan dingin, dengan perbedaan suhu yang tidak begitu ekstrim.

Namun, temperatur ekstrim dapat terjadi secara sederhana. Pemakaian yang lama dan perjalanan jauh, kemudian kendaraan diparkir begitu saja, kehujanan, tanpa body covering dapat menimbulkan perbedaan suhu yang signifikan bagi kerusakan proses kimiawi aki.

Jarak tempuh yang pendek pun harus diperhatikan Kebiasaan berkendara dalam jarak pendek membuat alternator tidak dapat mengisi ulang tenaga yang telah terpakai. Begitu juga dengan waktu berkendara yang singkat. Alternator merupakan mekanisme yang mengatur pengisian ulang yang bersumber dari energi mekanik mesin.

Butuh waktu di atas  20 menit bagi alat tersebut untuk bekerja mengubah energi mekanik menjadi sumber listrik. Kekosongan alternator yang terjadi berulang kali dapat merusak sel penyimpan atau capasitor. Selalu perhatikan batas usia aki kendaraan Aki juga memiliki batas waktu penggunaan, jadi harus selalu diperhatikan dengan baik.

Umur efektif dipengaruhi senyawa pembentuk setiap sel dan bahan  kemasannya. Perawatan yang reguler dan intensif tidak dapat menggantikan kadaluarsanya.

Penggantian unit baru harus segera dilakukan untuk menghindari korsleting dan breakdown voltage yang dapat merusak fitur dan gadget dalam kendaraan.


Kalau sudah paham benar faktor apa saja yang bisa mempengaruhi performa aki kendaraan Anda, ada baiknya diterapkan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal ya.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here