Jalur Air pada Sunroof Harus Bersih - Berita Teknologi Hari Ini

Memberikan Berita Terupdate tentang Teknologi Masa kini

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 01 September 2017

Jalur Air pada Sunroof Harus Bersih

Sumber gambar : http://mobiloka.com/
Mobil yang mempunyai sunroof tentunya cukup menyenangkan karena kita bisa menikmati cahaya matahari masuk ke kabin mobil kita. Selain itu, dia juga berperan sebagai ventilasi udara yang sangat berguna. Meskipun didesain free maintenance, bukan berarti dia tidak perlu perawatan sama sekali. Perawatan tentu saja tetap perlu dilakukan untuk mejaga kondisinya agar selalu baik. Dalam beberapa kasus, bahkan dijumpai sunroof yang bocor, juga ada yang bisa membuka tapi tidak bisa menutup.

“Makanya, pengecekan terhadapat sunroof harus dilakukan sendiri. Terlebih, di bengkel resmi tak ada perawatan khusus untuk sunroof. Karena tidak masuk dalam check list yang harus diperiksa,” tegas Dadi Hendriadi, GM Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM).

Kerusakan yang terjadi pada sunroof biasanya karena kebiasaan pengemudi mobil itu sendiri, seperti kebiasaan parker di bawah pohon misalnya. Salah satu penyebab awal kerusakan adalah getah pohon. “Nah, getah pohon ini sangat jahat. Bila dibiarkan, getah akan menjadi keras. Apalagi jika kena karet. Membuat karet jadi gampang getas dan rusak. Inilah yang bisa membuat karet sunroof bermasalah,” tambah Arifani.

Selain itu, kebiasaan menutup sunroof saat hujan tanpa membersihkan air pada rel sunroof terlebih dahulu juga bisa berakibat kebocoran. “Hal ini disebabkan banyaknya penumpukan debu pada jalur air, bila tak dibersihkan, debu ini berpotensi menutup jalur air dan airpun masuk ke kabin,” tambah Dadi.

Jadi, meskipun sunroof adalah fitur yang free maintenance, kita tetap perlu memperhatikan kondisi dan kebersihannya agar dia bisa bertahan sesuai dengan yang seharusnya. Demikian artikel singkat mengenai sunroof ini. Semoga berguna dan selamat berkendara!



Sumber : http://mobil.otomotifnet.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here