Tips Mudah Merawat AC Mobil - Berita Teknologi Hari Ini

Memberikan Berita Terupdate tentang Teknologi Masa kini

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 02 Juni 2017

Tips Mudah Merawat AC Mobil


Salah satu bagian mobil yang sering diabaikan perawatannya adalah AC. Mungkin banyak diantara para pemilik mobil yang kurang memahami bagaimana cara merawat AC sehingga mereka lebih memilih untuk melakukan perawatan AC ke bengkel mobil. Namun, tidak ada ruginya kalau kita melakukan perawatan AC sendiri.
Ada tips dan cara yang lebih mudah sehingga anda bisa melakukan perawatan tersebut di rumah tanpa perlu pergi ke bengkel. Tetapi, jika AC mobil anda mengalami kerusakan dan membutuhkan perawatan yang lebih serius, nah baru bawa mobil anda ke bengkel. Berikut ini adalah beberapa langkah dan cara merawat AC mobil secara sederhana yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.
Pertama, hindari merokok di dalam mobil dengan AC yang sedang menyala. Hal ini bertujuan untuk menjaga mobil anda bebas dari debu. Jangan lupa pula untuk membersihkan filter AC mobil anda secara rutin. Biasanya debu yang ada pada filter AC mobil inilah yang menyebabkan AC mobil rusak. Bagi mobil keluaran tahun 2012 ke atas, biasanya sudah dilengkapi dengan filter kabin. Kalau sudah ada filter kabin, anda bisa membersihkannya secara rutin setiap tiga bulan sekali. 
Hal ini bertujuan untuk menghindari tumpukan debu yang terlalu tinggi. Sedangkan untuk mobil keluaran tahun 2012 ke bawah atau belum ada filter kabin, sebaiknya perawatan AC mobil dilakukan setiap anda telah mencapai 60.000 km.

Untuk mobil keluaran terbaru saat ini, bagian motor fan akan sering mengalami masalah karena memang sedikit ringkih jadi sebaiknya juga dibersihkan setiap tiga bulan sekali untuk menjaganya agar tetap berfungsi secara baik dan maksimal. Untuk mobil baru, yang perlu diperiksa hanyalah filter AC nya saja namun periksalah dengan rutin agar tidak terjadi masalah yang berarti.
Sebaiknya mengecek atau membersihkan filter AC dilakukan ketika sedang memanaskan mesin mobil. Hal ini bertujuan kalau motor fan bermasalah, mobil bisa menjadi overheat dan menyebabkan mogok di jalan. Simple dan mudah bukan perawatannya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here