Berkendara Aman dengan Perhatikan Posisi dari Lontaran Airbag - Berita Teknologi Hari Ini

Memberikan Berita Terupdate tentang Teknologi Masa kini

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 09 Juni 2017

Berkendara Aman dengan Perhatikan Posisi dari Lontaran Airbag

Fitur keamanan adalah salah satu komponen wajib yang harus ada dalam mobil. Ada banyak fitur keamanan yang disediakan oleh para produsen mobil. Salah satunya adalah airbag.

Sumber Berita : beritamania.net
Airbag atau kantong udara merupakan fitur keselamatan mobil yang berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan. Airbag  memiliki banyak istilah lain seperti supplemental inflatable restraint (SIR), supplementary restraint system (SRS) dan air cushion restraint system (ACRS). 

Airbag bekerja bersama sabuk pengaman, jadi agar dapat berfungsi dengan optimal melindungi daerah kepala, leher, dan dada saat terjadi benturan, pengemudi wajib kenakan sabuk pengaman. Sabuk pengaman akan melindungi pengemudi atau penumpang agar tidak terlempar.

Dikutip dari laman Metronews.com,  Instruktur Safety Institute Indonesia Dhany Ekasaputra mengatakan bahwa selain harus paham fungsi airbag, pengemudi juga harus tahu jarak posisi tubuh yang aman dengan kemudi yang dilengkapi dengan teknologi safety ini. Oleh karena itu penting untuk mengatur posisi tubuh yang benar saat terjadi tabrakan.

"Dengan jarak yang sangat dekat, fungsi airbag menjadi bahaya akibat benturannya sangat keras. Atur jarak antara kemudi dan dada minimal 30 centimeter. Dalam 2 detik, airbag yang mengembang memiliki jangkauan sekitar 22-25 sentimeter," ujar Dhany.

Ada beberapa hal yang mesti kita lakukan saat airbag dalam keadaan mengembang. Yang pertama kencangkan genggaman tangan pada setir, lalu sandarkan kepala ke headrest. Tujuannya agar kepala bergerak seperti pinbal.

"Pegangan tangan pada setir dikencangkan dan posisi lengan harus membentuk sudut, fungsinya sebagai shockbreaker. Karena jika lengan diluruskan fungsi shockbreaker-nya akan hilang dan itu yang bisa menyebabkan patah. Dengan mengatur jarak antara dada dengan 30 sentimeter akan didapat sudut tangannya yang nyaman," jelas Dhany.

Sumber : Metrotvnews.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here