Pernahkah Anda melihat body depan mobil yang
penyok parah akibat kecelakaan? Body yang penyok itu ternyata adalah bagian
dari fitur keselamatan pada kebanyakan mobil masa kini yang disebut dengan
Crumple zone.
Crumple Zone atau zona benturan adalah sebuah
zona di kendaraan yang didesain untuk menyerap energi kinetik saat kecelakaan.
Bagian depan atau belakang mobil yang
dibuat mudah hancur ketika terjadi
benturan keras adalah Crumple
Zone.
Crumple zone dibuat mudah hancur agar kabin penumpang tidak ikut rusak untuk keamanan dan keselamatan pengendara serta penumpang mobil.
Crumple zone dibuat mudah hancur agar kabin penumpang tidak ikut rusak untuk keamanan dan keselamatan pengendara serta penumpang mobil.
Crumple zone umumnya berada di bagian depan
dan belakang mobil. Cara kerjanya adalah zona itu akan menyerap energi
kecelakaan yang dikembangkan saat terjadi benturan.
Dikutip dari Autoevolution, teori desain
mobil sebelum ditemukannya crumple zone adalah teori kebalikan dari crumple
zone ini.
Mobil harus dengan bahan yang sangat kaku,
tahan selama kecelakaan, dan tidak terlalu banyak deformasi ketika terjadi
benturan.
Sayangnya teori ini malah berakibat semua
energi kinetik dari benturan kendaraan mengalir ke penghuni mobil yang bisa
berakibat fatal.
Hal ini dikarenakan saat terjadi kecelakaan
berupa benturan, jika bagian depan mobil terlalu keras maka energi akan
tersalurkan ke dalam kabin
mobil.
Fakta tersebut cukup membuktikan tentang
pentingnya crumple zone untuk keselamatan dan keamanan para penumpang mobil.
Sumber : Otodetik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar