Anda para konsumen Toyota wajib tahu teknologi Toyota
yang satu ini. Teknologi yang dimaksud
adalah teknologi katup. Apa teknologi katup itu?
Teknologi katup adalah salah satu faktor
penting terciptanya pembakaran bahan
bakar yang sempurna untuk mencapai performa yang diinginkan terhadap
kendaraan anda.
Sistem mekanisme katup mesin Toyota di
Indonesia mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Dimulai dengan katup OHV,
SOHC, DOHC, VVT-i, sampai Valvematic.Berikut akan kami bahas perkembangan
mekanisme katup mulai yang terlama hingga yang terbaru.
Mekanisme katup terdahulu adalah OHV
singkatan dari Overhead Value. OHV
adalah jenis katup yang masih menggunakan banyak mekanisme yang dapat
mengurangi efisiensi kerja katup.
Waktu dan besar bukaan katup adalah fix dan
belum menggunakan sistem komputerisasi. Power yang dihasilkan pada jenis katup
ini untuk mesin 2000 cc adalah kisaran 107 ps.
Katup yang berikutnya adalah SOHC (Single Overhead Value). Pada
perkembangan mekanisme katup SOHC, waktuu bukaan katup dan besar bukaan katup
adalah fix. Namun pembukaan lebih responsif dan jumlah katup bisa lebih banyak,
karena berkurang nya jumlah mekanisme yang dapat mengurangi edisiensinya. Power
yang dihasilkan pada jenis katup ini untuk mesin 2000 cc adalah kisaran 109 ps.
Katup berikutnya adalah DOHC atau Double
Pverhead Valve. Katup DOHC bekerja lebih reponsif dari katup sebelumnya. Jumlah
katup juga lebih banyak dan menghasilkan tenaga lebih besar. Power yang
dihasilkan untuk mesin 2000 cc adalah kisaran 122 ps.
Berikutnya ada VVT-I atau Variable
Mekanisme Valve Timing – intelligent. Katup ini digunakan pada teknologi EFI.
Yang menarik adalah waktu buka tutup katup “masuk” unu bervariasi dan lama
pembukaan katup selalu sama.
Cara kerja katup ini membuat tidak banyak
bahan bakar dan udara yang terbuang dan
kerja mesin menjadi lebih optimal. Powe yang dihasilkan pada jenis katup ini
untuk mesin 2000 cc adalah kisaran 136 ps.
Berikutnya adalah katup Dual VVT-i
(Variable valve Timing- intellegent). Pada dual VVT-I pengatur kinerja katup
“masuk” dan katup “keluar”. Waktu buka tutup katup “masuk” dan “keluar” ini bervariasi
dan lam pembukaan katup selalu sama. Power yang dihasilkan jenis katup ini
untuk mesin 2000 cc adalah kisaran 143 ps.
Pengembangan paling baru katup Toyota
Indinesia adalah Valvematic katup. Valvematic adalah perkembangan dari
teknpologi VVT-i, berupa sistem Continous Valve Lift Control yang bekerja sama
dengan sistem Valve Timing Control milik VVT-i. Power yang dihasilkan pada
jenis katup ini untuk mesin 2000 cc adalah kisaran 158 ps.
Jika anda penasaran dan ingin lebih tahu
tentang katup Valvematic ini, anda dapat membaca artikel kami yang beikutnya
yang akan membahas lebih menyeluruh tentang valvematic.
Sumber : seri 12. Teknologi katup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar