Cari Tahu tentang Perkembangan Jenis Mekanisme Teknologi Katup di Toyota Indonesia. - Berita Teknologi Hari Ini

Memberikan Berita Terupdate tentang Teknologi Masa kini

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 10 Februari 2017

Cari Tahu tentang Perkembangan Jenis Mekanisme Teknologi Katup di Toyota Indonesia.

Sumber Gambar : https://toyotaaceh.files.wordpress.com/
Anda para konsumen Toyota wajib tahu teknologi Toyota yang satu ini.  Teknologi yang dimaksud adalah teknologi katup. Apa teknologi katup itu?

Teknologi katup adalah salah satu faktor penting terciptanya pembakaran bahan bakar yang sempurna untuk mencapai performa yang diinginkan terhadap kendaraan anda.

Sistem mekanisme katup mesin Toyota di Indonesia mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Dimulai dengan katup OHV, SOHC, DOHC, VVT-i, sampai Valvematic.Berikut akan kami bahas perkembangan mekanisme katup mulai yang terlama hingga yang terbaru.

Mekanisme katup terdahulu adalah OHV singkatan dari Overhead Value. OHV adalah jenis katup yang masih menggunakan banyak mekanisme yang dapat mengurangi efisiensi kerja katup.

Waktu dan besar bukaan katup adalah fix dan belum menggunakan sistem komputerisasi. Power yang dihasilkan pada jenis katup ini untuk mesin 2000 cc adalah kisaran 107 ps.

Katup yang berikutnya adalah SOHC (Single Overhead Value). Pada perkembangan mekanisme katup SOHC, waktuu bukaan katup dan besar bukaan katup adalah fix. Namun pembukaan lebih responsif dan jumlah katup bisa lebih banyak, karena berkurang nya jumlah mekanisme yang dapat mengurangi edisiensinya. Power yang dihasilkan pada jenis katup ini untuk mesin 2000 cc adalah kisaran 109 ps.

Katup berikutnya adalah DOHC atau Double Pverhead Valve. Katup DOHC bekerja lebih reponsif dari katup sebelumnya. Jumlah katup juga lebih banyak dan menghasilkan tenaga lebih besar. Power yang dihasilkan untuk mesin 2000 cc adalah kisaran 122 ps.

Berikutnya ada VVT-I atau Variable Mekanisme Valve Timing – intelligent. Katup ini digunakan pada teknologi EFI. Yang menarik adalah waktu buka tutup katup “masuk” unu bervariasi dan lama pembukaan katup selalu sama.

Cara kerja katup ini membuat tidak banyak bahan bakar dan  udara yang terbuang dan kerja mesin menjadi lebih optimal. Powe yang dihasilkan pada jenis katup ini untuk mesin 2000 cc adalah kisaran 136 ps.

Berikutnya adalah katup Dual VVT-i (Variable valve Timing- intellegent). Pada dual VVT-I pengatur kinerja katup “masuk” dan katup “keluar”. Waktu buka tutup katup “masuk” dan “keluar” ini bervariasi dan lam pembukaan katup selalu sama. Power yang dihasilkan jenis katup ini untuk mesin 2000 cc adalah kisaran 143 ps.

Pengembangan paling baru katup Toyota Indinesia adalah Valvematic katup. Valvematic adalah perkembangan dari teknpologi VVT-i, berupa sistem Continous Valve Lift Control yang bekerja sama dengan sistem Valve Timing Control milik VVT-i. Power yang dihasilkan pada jenis katup ini untuk mesin 2000 cc adalah kisaran 158 ps.

Jika anda penasaran dan ingin lebih tahu tentang katup Valvematic ini, anda dapat membaca artikel kami yang beikutnya yang akan membahas lebih menyeluruh tentang valvematic.


Sumber : seri 12. Teknologi katup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here