Apa Saja Yang Mempengaruhi Umur Aki Mobil? - Berita Teknologi Hari Ini

Memberikan Berita Terupdate tentang Teknologi Masa kini

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 12 Mei 2017

Apa Saja Yang Mempengaruhi Umur Aki Mobil?

Sumber gambar : http://www.hargamobiloke.com/
Aki kendaraan dapat digunakan sampai jangka waktu tertentu. Aki yang sudah terlalu lama digunakan performanya jelas tidak sebagus yang masih baru, tak jarang pula aki sampai mati jika umurnya sudah terlalu tua.

Namun, ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja dan umur aki kendaraan. Faktor-faktor tersebut datang dari cara penggunaan mobil sehari-hari. Apa saja faktor yang berpengaruh terhadap umur aki?

Umur aki dipengaruhi oleh mobil yang kerap dibawa melewati jalanan bergelombang karena mobil bergoyang-goyang saat melewati jalan yang tidak rata.

Memasang baterai yang tidak sesuai juga merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja aki mobil. Contohnya, jika mobil membutuhkan baterai sebesar 45 ampere, namun baterai yang dipasang hanya berkekuatan 35 ampere, maka daya aki akan melemah.

Faktor selanjutnya adalah menyalakan audio ketika mesin mati. Terkadang, pengemudi menyetel lagu-lagu ketika sedang beristirahat dalam keadaan mesin mobil tidak menyala, padahal justru hal itu dapat membuat aki cepat aus.

Mobil yang jarang digunakan juga bisa membuat umur aki berkurang. Daya aki terisi secara otomatis ketika mesin mobil menyala, jadi mobil yang tak pernah dinyalakan hanya akan mengurangi umur aki.

Aki akan mengalami low-charge saat mobil jarang dipakai yang artinya aki tidak tercas. Tetapi, bukan berarti mobil yang sering digunakan atau mobil yang dibawa bepergian jarak jauh akan membuat aki over-charge.

Saat ini, mobil telah dilengkapi dengan sistem cut-off dimana sistem akan menghentikan pengecasan otomatis jika dirasa aki telah cukup daya, meskipun mobil masih berjalan. Faktor-faktor diatas dapat mengurangi umur aki mobil jika terjadi terus-menerus. Usahakan untuk menghindari hal-hal tersebut jika ingin aki mobil Anda awet dan bekerja dengan baik.

Sumber: www.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here